Did You Know ?
 Ada info menarik  nich bagi kamu-kamu yang seneng sama olah raga adu kecepatan dan keseimbangan  yaitu Moto GP. Salah satu syarat safety bagi “Rider” Moto GP supaya aman saat menunggang motor yang ber-cc 800 yaitu dengan menggunakan Baju khusus  bagi rider Moto GP.
    Ada info menarik  nich bagi kamu-kamu yang seneng sama olah raga adu kecepatan dan keseimbangan  yaitu Moto GP. Salah satu syarat safety bagi “Rider” Moto GP supaya aman saat menunggang motor yang ber-cc 800 yaitu dengan menggunakan Baju khusus  bagi rider Moto GP.      Tahukah kamu bahwa bahan yang digunakan dalam  proses pembuatan baju ini sama halnya dengan bahan yang digunakan oleh pihak  militer dalam pembuatan rompi peluru.  Serat Kevlar ampuh digunakan sebagai rompi yang menahan laju peluru. Tapi  untuk pembalap itu masih jauh dari cukup karena mereka butuh bahan yang tahan  gesek hingga 27 meter. Kulit adalah materi yang paling ideal untuk dibuat  menjadi baju balap MotoGP. Tak Cuma mampu meredam benturan, daya tahan kulit  terhadap gesekan merupakan yang teratas dibanding bahan lain. Dan yang umum  dipakai oleh produsen baju balap adalah kulit kanguru. Kulit kanguru memiliki daya  tahan lebih baik dibanding kulit sapi, namun jauh lebih fleksibel demi  kenyamanan pembalap. Baju pembalap berbahan kulit bisa tahan terhadap gesekan aspal  sejauh lebih kurang 27 meter. Sementara Kevlar hanya tahan tak sampai tujuh  meter. Jaket dengan bahan nilon yang banyak kita gunakan akan terkoyak bahkan  sebelum gesekan mencapai jarak dua meter. Daya tahan yang tinggi terhadap  gesekan dimiliki kulit karena jaringannya lebih rapat plus serat yang saling  menyatu dan terkait dengan yang lain. Kulit setebal 0,9 mm sudah cukup untuk  menahan gesekan. Namun untuk ajang MotoGP, produsen baju balap membuat produknya  dengan ketebalan hingga 1,4 mm. Ketebalan seperti itu sudah cukup membebani  pembalap. Baju balap bermerek Dainese yang dipakai Rossi memiliki bobot 3,5 kg  suit, sementara Alpinestar milik Dani Pedrosa lebih ringan dengan berat 3 kg.
 



0 komentar
Posting Komentar